Yahoo dihacker : 500 Juta Info Akun Pribadi Dibobol

Yahoo Diakuisisi Verizon
Yahoo Diakuisisi Verizon

Kabar Mengejutkan datang dari Yahoo, perusahaan teknologi yang sedang mencoba bertahan dalam dunia persaingan yang sangat ketat. Hari ini pihak Yahoo mengkonfirmasi bahwa memang 500 Juta akun pribadi penggunanya telah di hack dan infonya telah di curi. Loh kenapa ini? Bagaimana bisa?

Baca Juga : Yahoo Diakuisisi Verizon Seharga 63 Triliun Rupiah

Kasus Yahoo ini merupakan kejahatan siber terbesar.

Kabar mengenai peretasan Yahoo ini mencuat ke permukaan kemarin 22 September 2016. Pihak perusahaan Teknologi terbesar pada zamannya ini juga telah mengkonfirmasi kebenaran dari berita ini. Dan pihak Yahoo sendiri telah melakukan penyelidikan internal di perusahaan mereka, sebelum mengumumkan kebenarannya.

Kasus pencurian akun ini merupakan kejahatan siber terbesar abad ini, hingga melibatkan 500 Juta akun pribadi pengguna. Banyak pihak yang menyayangkan kejadian ini dan mereka menyebut kasus ini sebagai kemunduran terbaru untuk perusahaan internet yang terkepung, dan seperti kembali ke era 2014-an. Banyak juga yang menyebutkan bahwa perentasan ini merupakan gangguan keamanan yang berkaitan dengan “aktor” yang sebenarnya disponsori oleh negara tertentu.

Baca Juga : Yahoo Messenger Akan Dibunuh Agustus Mendatang

Terus apa sajakan info yang di curi oleh Hacker tersebut? beberapa diantaranya adalah nama pengguna, alamat email, nomor telepon, tanggal lahir, hash password, dan pertanyaan keamanan dan berikut jawaban yang biasa digunakan untuk memverifikasi identitas pemilik akun. Wah lengkap sekali ya..

Sejauh ini ada satu pihak yang telah dicurigai sebagai Hacker. Karena orang tersebut beberapa bulan yang lalu, menggembar gemborkan bahwa dirinya punya 200 Juta akun pribadi yahoo. Dan Dia ingin menjualnya di internet dengan harga yang sangat tinggi. Orang tersebut mengatas namakan dirinya “Peace”.

Baca Juga : Beberapa Kasus HP Samsung Meledak Kembali Terjadi

Terus bagaimanakah Kita sebagai pengguna harus menyikapinya? cara yang paling mudah adalah cepatlah mengganti password akun email Kamu. Kalau bisa ubahlah password email tersebt secara berkala misalkan sebulan sekali atau dua bulan sekali untuk memastikan keamanannya. Dan tentu saja kamu harus membedakan antara pasword satu akun dengan akun yang lainnya. Agar lebih menyusahkan para hacker yang ingin menyusup.