Internet Gratis : Satelit Milik Facebook Meledak

Satelit Untuk Internet Gratis FB Meledak
Satelit Untuk Internet Gratis FB Meledak

Bos Facebook, Mark Zuckerberg saat ini tengah kecewa berat. Bagaimana tidak kecewa kalau proyek yang selama ini dia garap dengan sepenuh hati dan  penuh harapan yang tinggi harus meledak. Meledaknya Roket Falcon 9 milik SpaceX yang akan meluncurkan satelit komunikasi AMOS-6  milik Facebook, telah membuyarkan ambisi Zuckerberg untuk memberikan layanan internet gratis dari satelit.

Baca Juga: Mark Zuckerberg Sedikit Menjual Saham Facebook Untuk Tepati Janjinya

Satelit Yang Meledak Untuk Akses Internet Gratis.

Satelit tersebut meledak saat uji coba di Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat kemarin pada tanggal 1 September 2016. Ledakan dahsyat tersebut menyebabkan satelit hancur berantakan, hingga menghasilkan asap tebal membumbung ke udara.

Zuckerbers ternyata sangat terguncang mendengar kabar tersebut. Karena Satelit tersebut merupakan harapannya untuk membantu program Internet.org. Yaitu program akses internet gratis untuk area miskin akses internet. Beginilah kata Zuckerberg mengenai kekecewaannya:

“Saya di Afrika. Saya sangat kecewa mendengar kegagalan peluncuran roket SpaceX yang menghancurkan satelit kami, untuk memberikan konektivitas ke banyak pengusaha dan orang lain di seluruh benua (Afrika),”

Baca Juga : Pria Berusia 28 Tahun Di Tembak Mati Saat Bermain Facebook Live

Meskipun kecewa berat, ternyata Zuckerberg masih punya alasan untuk tegar. Karena Facebook ternyata telah memiliki Plain B, agar bisa tetap menyebarkan internet gratis. Teknologi yang dikembangkan tersebut yaitu berupa Drone tenaga surya yang diberi nama Aquila. Beginilah kata Boss Facebook dalam salah satu akun media sosialnya:

“kabar baiknya, kami telah mengembangkan teknologi lain seperti drone Aquila yang mampu memberi konektivitas juga. Kami tetap berkomitmen terhadap misi kami dalam penyebaran internet.”

Baca Juga : Keren, facebook kini bisa mengerti update status fb kamu tentang apa

Proyek Aquila ini juga masih bekerja sama dengan internet.org. Kerjasama Mereka memang bertujuan untuk  mengirim sinyal internet gratis dari luar angkasa. Internet.org ini juga telah menyebar di Indonesia, dengan adanya program ini pengguna internet bisa masuk ke jaringan milik Facebook dan mengakses aplikasi atau situs milik Facebook itu sendiri.