Google Allo Resmi Dirilis, Google Asisten Fitur Paling Menarik

Aplikasi Chatting Google Allo
Aplikasi Chatting Google Allo

Baru kemarin Kita membahas tentang Google Allo yang mendapat kritikan pedas dari Snowden. Terkait keamanan dan bahkan Snowden menyuruh Kita untuk jauh-jauh dari Allo. Nah, hari ini Aplikasi Chatting pintar ini resmi di rilis. Bagi Kalian yang telah melakukan registrasi, pasti hari ini mendapat pemberitahuan tentang peluncuran Allo ini.

Baca juga : Kelebihan dan Kekurangan Allo, Aplikasi Chatting Buatan Google

Inilah Review Google Allo.

Pertama-tama sebelum Kita bisa login di Aloo, Kita hasus memasukan nomer telepon terlebih dahulu seperti halnya di Whatsapp. Dan nantinya akan ada kode verifikasi yang masuk melaluii sms. Silahkan masukan kode verifikasi jika sistem tidak bisa secara otomatis membacanya.

Proses memasukan nomer telepon

 

Inilah tampilan ketika pertama kali membuka Allo. Dan belum ada histori dari Chattingan sebelumnya.

screenshot_2016-09-23-06-55-09

Baca Juga : Belum Juga Rilis, Google Allo sudah dilabeli Bahaya

Yang Prilude pertama sadari dari App chatting ini adalah lebih berwarna, sehingga mengesankan lebih terlihat ceria. Kita bisa mengirim stiker lucu yang telah disediakan oleh Pihak Allo, seperti di App Chatting Line.

Inilah tampilan chatting d Allo
Inilah tampilan chatting d Allo

Ada sebuah fitur yang sudah Prilude coba dan terlihat sangat menarik dari Google Allo ini. Yaitu fitur Whisper out. Dengan fitur in, Kita bisa mengatur ukuran huruf. Cara mengaturnya sangat mudah. Kamu tingal meng-klik logo kirim, dan menarik ikonnya ke atas untuk memperbesar huruf, dan ke bawah untuk memperkecilnya. Hasilnya bisa dilihat dalam gambar di bawah ini:

Ukuran huruf bisa diatur di Allo
Ukuran huruf bisa diatur di Allo

Baca Juga : Kasus Google : Hadapi Tagihan Pajak Sebesar 5,5 Triliun Rupiah

Fitur Google Asisten

Fitur lain yang sangat mengesankan dan menghibur adalah adanya fitur Google Asisten. Kita bisa memberikan instruksi lewat pesan suara. Dan Google Asisten nantinya akan menjawab apa saja yang Kita tanyakan. Terlihat dalam beberapa percobaan Prilude dalam gambar di bawah ini.

Inilah tampilan pertama saat membuka Google Assisten
Inilah tampilan pertama saat membuka Google Assisten

 

Selanjutnya Prilude mencoba kehandalan dari Google asisten ini. Pertama Prilude mencoba memakai Bahasa Indonesia, dan ternyata bisa. Google Asisten ini support bahasa Indonesia. Bukan itu saja, Google Asisten ini juga mengerti apa yang Prilude ucapkan, walaupun dengan disingkat. Lihatlah gambar di bawah ini. Prilude bertanya “Siapakah Presiden RI?”. Bukan “Siapakah Presiden Indonesia?”. Tetapi ternyata Google asisten ini cukup cerdas untuk memahami bahwa RI yang dimaksud adalah Indonesia. Dan jawabannya benar. Joko Widodo.

Google Asisten bisa memakasi Bahasa indonesia.
Google Asisten bisa memakasi Bahasa indonesia.

 

Terus bagaimanakah respon Allo bila ditanyakan soal matematika sederhana?. Ternyata Google Asisten tidak bisa menjawabnya. Beginilah apa yang dikatakan oleh Allo. Haha ada- ada saja.

Alasan Allo Bila belum bisa menjawab.
Alasan Allo Bila belum bisa menjawab.

 

Baca Juga :Snowden : Google Allo Tidak Aman!

Review Kekurangan Google Allo

Secara Umum Aplikasi Chatting Google Allo masih sama dengan aplikasi Chatting kebanyakan. Tetapi untuk saat ini merupakan Aplikasi Chatting yang paling berbeda di kelasnya karena mempunyai Asisten pintar yang ditanamkan Google. Tetapi di balik kemenarikan App Allo, ada beberapa masalah kecil yang Prilude temukan. Diantaranya:

  1. Pengiriman pesan yang terasa lebih lambat daripada Whatsapp, padahal Prilude menggunakan provider yang sama saat melakukan percobaan.
  2. Tidak bisa mengirim dokumen. Mengirim dokumen merupakan fitur yang dirasa cukup penting di dunia kerja.
  3. Kecuali Google assisten tidak ada fitur lain yang lebih bagus dari Whatsapp.
  4. Dan yang paling fatal tentu saja masalah tidak adanya enkripsi end-to-end yang diterapkan. Jadi Prilude sarankan hanya mengobrol ringan saja bila menggunakan Google Allo.