Mark Zuckerberg Sedikit Menjual Saham Facebook Untuk Tepati Janjinya

Cara Melindungi Password Sumber Gambar :ytimg. Mark Zuckerberg Pendiri Facebook
Sumber Gambar :ytimg. Mark Zuckerberg Pendiri Facebook

Kemarin-kemarin pendiri jejaring sosial terbesar di dunia Facebook, mengatakan bahwa dirinya akan mendonasikan saham Facebook miliknya sebesar 99% untuk amal. Nah kini, Mark Zuckerberg mulai menjual sedikit saham miliknya untuk menempati ucapannya tersebut.

Baca Juga : Facebook Hadiahi Video Manis Bagi Yang Berulang Tahun

Mark Zuckerberg menjual 768.000 lembar saham miliknya seharga 1,2 Triliun Rupiah.

Untuk menempati janjinya pada Tahun 2015 yang lalu, Pada jumat kemarin tepatnya Tanggal 19 Agustus 2016 Mark mengajukan dokumen kepada otoritas bursa saham Securities and Exchange Commission (SEC) Amerika Serikat. Dokumen tersebut berisi keterangan bahwa Mark akan menjual 768.000 lembar sahamnya, yang bernilai 95 Juta Dolar Amerika, atau kalau yang dirupiahkan seharga 1,2 Triliun.

Dalam dokumen tersebut juga dijelaskan bahwa Mark bukan hanya ingin mencairkan sahamnya saja, tetapi benar-benar ingin menempati ucapannya yaitu akan memberikan 99% sahamnya untuk amal.

Baca Juga : Bos Facebook Mark Zuckerberg, Kini Perketat Keamanannya

Namun, ternyata Mark Zuckerberg belum sepenuhnya menepati janji. Karena hanya menyumbangkan 768.000 lembar saham senilai 95 Juta Dolar. Jauh dari janjinya yang seharusnya menyumbang sampai 396 Juta lembar saham, karena saat ini tercatat Mark Zuckerberg masih memiliki 400 Juta lembar saham di Facebook. Atau kalau di Rupiahkan Mark, seharusnya menyumbang sampai 4,5 Miliar Dolar Amerika (senilai 618 Triliun rupiah)

Tahun 2015 yang lalu, Mark mengatakan bahwa ingin mendonasikan uangnya di bidang kesehatan, pendidikan, akses Internet, dan memajukan potensi manusia serta mempromosikan kesetaraan. Namun, saat ini Mark belum memutuskan untuk bidang manakah akan mendonasikan hasil penjualan sahamnya tersebut.

Baca Juga : Facebook Messenger ‘Paksa’ Pengguna Aplikasi SMS Untuk Pindah

Pihak Facebook menolak untuk diwawancarai mengenai donasi Mark yang lebih kecil dari seharusnya ini. Malah kini mereka mengatakan akan membatasi pengeluaran untuk donasi hanya sebesar Satu miliar dolar per-Tahun. Loh bagaimana ini?

Banyak kritik yang diajukan kepada Mark mengenai masalah Donasi ini. Banyak media yang tak segan untuk menertawakan keputusan Mark tersebut, dan ada juga yang memilai Mark hanya menghindari pajak keuntungan modal. Karena banyak yang menilai bahwa Mark  sebenarnya hanya mentransfer sahamnya tersebut kepada Chan Zuckerberg Initiative LLC. Perusahaan tersebut adalah perusahaan milik Mark Zuckerberg sendiri dan Istrinya.