Yahoo Diakuisisi Verizon Seharga 63 Triliun Rupiah

Yahoo Diakuisisi Verizon
Yahoo Diakuisisi Verizon

Kemarin-kemarin, santer beredar kabar bahwa Yahoo diakuisisi oleh sebuah Perusahaan Operator Telekomunikasi Asal Amerika Serikat Bernama Verizon. Kabar tentang akuisisi Yahoo tersebut ternyata bukan isapan jempol semata, karena Kemarin tapatnya tanggal 25 Juli 2016, kedua belah pihak mengumumkan tentang peng-akuisisian tersebut.

Baca Juga : Yahoo Messenger Akan Dibunuh Agustus Mendatang

Yahoo Diakuisisi Seharga 63 Triliun Rupiah.

Yahoo didirikan pada Tahun 1994 oleh dua orang sahabat lulusan Universitas Stanford  yang bernama Jerry Yang dan David Filo. Pada awal berdirinya, Yahoo langsung melesat menjadi perusahaan raksasa di bidang portal internet. Produknya yaitu Yahoo Messenger dan Yahoo Mail memang sangat terkenal pada masanya.

Tahun 2000 merupakan masa keemasan dari Yahoo. Nilai perusahaan tersebut pada Tahun 2000 menembus harga 125 Miliar Dolar Amerika.  Tetapi, Yahoo yang dulu begitu terkenal di jagat Internet, memang belakangan ini mengalami penurunan pendapatan secara drastis, dan terus menerus terpuruk. Karena munculnya pesaing yang sangat kuat seperti Google.

Baca Juga : ‘Secret Conversation Messenger’ Pastikan Pesan Gak Bisa di Intip

Sehingga akhirnya, Pada Tahun 2016 ini Pihak Yahoo memutuskan untuk melego Perusahaan mereka kepada perusahaan lain. Jadi pada Senin kemarin waktu setempat, Yahoo akhirnya bergabung dengan Verizone, untuk menyelamatkan mereka dari keterpurukan.

Verizone meminang Yahoo dengan mahar 4,8 Miliar Dolar Amerika serikat, atau seharga 63 Triliun Rupiah. Verizon mengakuisisi bisnis inti dan layanan consumer dari Yahoo, yang meliputi mesin pencari, news, finance, sport, video, email dan jejaring sosial Tumblr.

Baca Juga : Fitur Video Call di BBM, Sudah bisa Kita Nikmati

Tetapi Walaupun Yahoo diakuisisi. Pihak Yahoo masih memiiliki sahamnya sebesar 35,5% di Yahoo Jepang senilai 8,3 Miliar Dolar Amerika, memiliki 15% saham di Alibaba senilai 31,2 Miliar Dolar Amerika  serta beberapa paten lain.

Verizon pada Tahun 2015 lalu juga mengakuisisi AOL seharga  4,4 Miliar Dolar Amerika. Jadi dengan mengakuisisi Yahoo, Pihak Verizone akan menyatukan keduanya agar menjadi raksasa  di bidang internet sesudah Google dan Facebook. Dilihat dari pendapatan Iklan.

Baca Juga : Server Pokemon Go Di Hack Oleh OurMine Akhir Pekan Lalu