‘Secret Conversation Messenger’ Pastikan Pesan Gak Bisa di Intip

facebook messenger

Facebook kembali menyedikan fitur baru untuk layanan pesan kesayangannya, Messenger. Berdasarkan rilis oleh Facebook dikatakan bahwa mereka sedang menyiapkan fitur keamanan yang memungkinkan pengguna messenger untuk berchatting ria tanpa khawatir akan diintip oleh orang lain. Fitur keamanan tersebut menyediakan enkripsi end-to-end. Facebook menyebutnya dengan secret conversation messenger. 

Mulai hari ini, Sabtu (9/7) secret converstaion messenger akan mulai bisa dinikmati oleh pengguna facebook secara terbatas. Secara teknis mereka memang masing menguji coba layanan ini sehingga layanan ini belum bisa digunakan oleh seluruh pengguna messenger. 

Fitur secret conversation messenger, memberikan jaminan pesan hanya bisa dibaca oleh pengirim dan penerima saja. Itu artinya, facebook sendiripun tidak akan pernah tahu isi dari pesan yang dikirim oleh penggunanya.

Sebagai tambahan jaminan keamanan yang lebih baik, facebook pun menambahkan fitur pesan berbatas waktu ala BBM. Dengan menggunakan fitur tersebut, pesan yang dikirim dan diterima akan lebih aman karena akan secara otomatis dihapus manakala telah mencapai masa kadaluarsa. Pengguna bisa mengatur kapan pesan tersebut akan kadaluarsa sehingga meski handphone kita dicuri oleh lain, tetap orang lain tidak akan bisa membaca pesan yang kita kirim maupun terima.

Menurut David Markus (wakil presiden produk perpesanan facebook) Secret Converstation Messenger saat ini hanya bisa dinikmati oleh pengguna android dan iOS. Itu artinya, fitur ini belum berjalan pada situs facebook, maupun layanan messenger.com. Seperti yang prilude kutip dari laman techcrunch Sabtu (9/7).

“Kami ingin membuat messenger menjadi aplikasi perpesanan utama, dan sementara kami telah memiliki berbagai fitur keamanan rasanya kami masih memerlukan fitur keamanan ekstra yang lebih baik” ujar Marcus. Dewasa kini untuk bisa menjadi aplikasi perpesanan memang mutlak perlu ada enkripsi end-to-end. Hal tersebut dikarenakan aplikasi chatting lainnya telah menyediakan fitur terebut.

Secret Conversation Messenger Tidak Default Aktif

Hal yang disayangkan dari fitur ini adalah, bahwa pengguna harus mengaktifkan fitur ini tersebut dahulu. Itu artinya, dia tidak aktif secara otomatis. Perlakuan ini mirip dengan layanan pesan Google Allo. Diberitakan sebelumnya oleh Prilude bahwa enkripsi end-to-end di Google Allo juga perlu campur tangan pengguna untuk mengaktifkannya.

Hal tersebut pernah di kritik oleh pakar keamanan dan juga mantan pegawai NSA, Edward Snowden. Snowden pernah mengatakan bahwa Google Allo sangat payah, karena fitur enkripsi tidak disediakan secara default. 

Baca Juga : Snowden : Google Allo Tidak Aman!

Namun, markus bersikeras bahwa fitur tersebut harus bisa diaktifkan dan dinonaktifkan oleh pengguna. Pengguna harus memiliki kontrol terhadap fitur end-to-end. Salah satu pertimbangan dari Markus adalah bahwa pengguna messenger memiliki hak untuk mengirim konten kaya seperti GIF, Video, dan Payment di Messenger. Ya, dengan kata lain, kita tidak bisa mengirim Konten Kaya ketika sedang berada pada modus aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *