Beginilah Cara Mengaktifkan Penghemat Baterai Opera

Fitur Penghemat Baterai Pada Browser Opera (Opera Blog)
Fitur Penghemat Baterai Pada Browser Opera (Opera Blog)

Opera Software baru saja merilis versi terbaru dari browser untuk laptopnya yaitu Opera 38. Opera 38 dilengkapi oleh fitur penghemat baterai yang memungkinkan kita untuk bisa menghemat hingga 50% penggunaan baterai laptop yang datang dari Browser. Lantas, Bagaimana Cara mengaktifkan penghemat baterai opera?

Baca Juga : Browser Opera Kini Memiliki Fitur Penghemat Baterai

Cara Mengaktifkan Penghemat Baterai Opera

Untuk mengaktifkan penghemat baterai opera, Anda terlebih dahulu harus mengupdate software opera kamu ke versi terbaru yaitu versi 38. Untuk mengunduhnya Anda bisa mengunjungi laman resmi opera yaitu di www.opera.com.

Setelah mengunduh dan menginstall browser baru tersebut, langkah yang harus anda lakukan untuk menghemat penggunaan daya amatlah mudah. Pada bagian pojok kanan atas aplikasi ada logo baterai. Silakan anda klik logo baterai tersebut hingga muncul dropdown power saving. Stelah itu, silakan klik “turn on to save battery power”. Dengan mengaktifkan fitur tersebut seketika Anda bisa lebih menghemat penggunaan baterai.

Mengaktifkan Penghemat Baterai Opera (Opera Blog)
Mengaktifkan Penghemat Baterai Opera (Opera Blog)

Cara Kerja Penghemat Baterai Opera

Setelah anda mengaktifkan fitur penghemat baterai opera, mungkin ada pertanyaan, bagaiamana sih cara kerjanya? atau bagaimana sih caranya opera bisa menghemat daya?

Dijelaskan melalui blog resminya, Opera 38 bisa melakukan penghematan daya dengan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Mengurangi Aktifitas dibelakang layar untuk setiap tab
  2. Membangunkan CPU lebih jarang dengan pengoptimalan Javascript Timer
  3. Secara Otomatis melalukan pause terhadap plugin yang tidak digunakan
  4. Mengurangi frame rate ke 30 Frames per detik
  5. Menyetel parameter Video Playback dan memaksanya agar menggunakan Codec hardware accelerated video.
  6. Melakukan pause terhadap animasi pada tema browser
  7. Disediakannya fitur ad blocker bawaan browser (bukan dari pengembang pihak ketiga). Jika diaktifkan, fitur ini bisa menghemat baterai lebih baik lagi.

Selain bisa menghemat baterai, fitur baru ini juga secara tidak langsung berguna untuk mencegah overheated. Sadar atau tidak sadar, ketika kita banyak beraktifitas menggunakan browser, konsumsi penggunaan daya di CPU akan meningkat. Hal tersebut berakibat pada semakin panasnya laptop yang kita gunakan. Opera melalui serangkain uji coba yang dilakukannya mengklaim bahwa browser yang mereka miliki bisa mendinginkan CPU hingga 3 derajat celcius.