BRISat Berhasil Diluncurkan, Lantas Apa Manfaatnya Bagi Bangsa Indonesia?

Detik-detik peluncuran BRISat (Arianespace )
Detik-detik peluncuran BRISat (Arianespace )

Sabtu, 18 Juni 2016 waktu Kourou, Guiana, Amerika Selatan merupakan hari paling membahagiakan khususnya bagi jajaran direksi dan karyawan Bank BRI dan umumnya bagi seluruh rakyat Indonesia. Pada hari tersebut, sebuah satelit yang diklaim sebagai satelit pertama didunia yang khusus digunakan untuk layanan keuangan berhasil diluncurkan ke orbitnya. Dialah BRISat, satelit bernilai Rp 3 Triliun lebih yang kelak akan menjadi kebanggaan rakyat Indonesia. Lantas, apa manfaat nyata bagi bangsa Indonesia atas peluncuran satelit ini?

Peluncuran BRISat sempat tertunda berkali-kali

Peluncuran satelit nampaknya bukan perkara yang mudah. Beberapa kendala teknis sempat membuat BRISat ditunda penerbangannya. Rencana awal, BRISat akan diluncurkan pada tanggal 8 Juni 2016. Namun, Arianespace perusahaan peluncur satelit asal Prancis yang disewa BRI untuk meluncurkan BRISat mengatakan bahwa satelit belum bisa diluncurkan hari itu. Berdasarkan rilis yang kami dapatkan dari situs nasaspaceflight.com (19/6) penundaan di tanggal 8 Juni disebabkan oleh adanya kendala pada  komponen penghubung alias fluid connector, yang menjembatani tatakan satelit dan komponen cryogenic upper stage pada roket Ariane 5.

Baca Juga : Google Ingin Hadirkan Internet Cepat Dengan Teknologi Wireless

Pihak Arianespace meminta maaf atas kendala yang dialaminya tersebut. Mereka mengatakan bahwa perbaikan membutuhkan waktu antara 5 sampai 10 hari.

Tanggal 16 Juni 2016, merupakan jadwal ulang peluncuran dari BRISat yang telah disepakati oleh Arianespace dan BRI.  Namun sayang, pada hari pelaksanaan masih saja ada kendala yang dihadapi. Alasan penundaan pada hari itu adalah karena ada anomali dengan konektor antara pusat ke bagian atas peluncur. 17 Juni, merupakan rencana peluncuran selanjutnya.

Seperti yang kita ketahui bersama, 17 Juni Roketpun masih belum bisa diluncurkan. Kali ini bukan kendala teknis yang dialami melainkan karena cuaca yang tidak memungkinkan.

Namun demikian, setelah serangkaian penundaan akhirnya pada tanggal 18 Juni 2016 satelit BRI tersebut berhasil diluncurkan ke Orbit.

Peluncuran disaksikan langsung oleh Direktur Utama BRI, Asmawi Syam, serta beberapa tamu undangan. Di dalam Negeri, Bapak Wakil Presiden Yusuf Kala juga ikut memantau peluncuran melalui saluran televisi.

Setelah Diorbitkan Lantas Apa Manfaat BRISat?

BRISat merupakan satelit komunikasi pertama di dunia yang didedikasikan untuk institusi keuangan. Dia akan menyediakan dua saluran langsung yaitu C-Band dan Ku-Band. BRISat akan menjangkau seluruh wilayah di Indonesia serta negara-negara lain di Asia Tenggara.

Diletakan pada 150.5 derajat bujur timur, satelit BRI dirancang untuk menghadirkan komunikasi yang aman bagi 10.600 Cabang, 236.939 ATM, serta melayani hingga 53 juta konsumen. Dengan memiliki satelit sendiri, maka diharapkan layanan BRI akan semakin cepat dan semakin prima.