Demi Meningkatkan Jumlah Download Facebook Moments, Facebook Ancam Hapus Foto Penggunanya.

facebook moments
facebook moments

Tindakan yang kesannya pemaksaan lagi-lagi dilakukan oleh facebook. Jika sebelumnya pengguna dipaksa untuk menggunakan aplikasi messanger mereka, kali ini pengguna juga di paksa untuk menggunakan aplikasi Facebook Moments. Jika tidak mau, maka facebook mengancam akan menghapus data foto yang disinkronisasikan otomatis dari server-nya.

Baca Juga : Keren, facebook kini bisa mengerti update status fb kamu tentang apa

Sedikit flashback ke belakang, sekitar tahun 2012 yang lalu aplikasi utama facebook menyediakan fitur penyimpanan otomatis bagi semua foto yang dijepret melalui kamera smartphone. Fitur ini mirip dengan yang disedikan oleh Google+. Sehingga pengguna tidak perlu takut data foto-nya akan hilang ketika handphone dia dijual atau dicuri, karena foto-foto dan juga video yang diambil itu secara otomatis akan dicadangkan.

Foto-foto atau gambar yang di upload secara otomatis tersebut akan disimpan pada sebuah folder rahasia. Disebut rahasia karena hanya bisa diakses oleh pemilik foto tersebut. Namun jika pemilik foto ingin melakukan share ke dinding facebook, maka dan tinggal klik tombol share aja dan ‘boom’ foto tersebut akan langsung tersebar ke beranda tanpa perlu upload ulang lagi.

Baca Juga : Proyek Apa Yang Sedang Dikerjakan Microsoft dan Facebook?

Nah, foto-foto yang diupload secara otomatis tersebut kali ini terancam akan dihapus oleh facebook jika pengguna tidak install aplikasi facebook moments. Ya, melalui email yang dirilis oleh facebook seperti yang prilude kutip dari the verge (12/6) facebook dikabarkan akan menghapus data foto yang disinkronkan secara otomatis jika pengguna tidak buru-buru install Facebook Moments.

Install Facebook Moments atau Download File Zip-nya

Facebook memberikan tenggang waktu hingga tanggal 7 Juli 2016. Pengguna diberi dua pilihan, apakah dia akan install moments atau download manual file gambar kita melalui website facebook. Facebook mengatakan “Jika Anda tidak ingin moments, Anda dapat download foto-foto tersebut langsung ke komputer Anda melalui profile facebook Anda”.

[appbox googleplay com.facebook.moments ]

Namun jangan khawatir bagi Anda yang upload foto ke facebook tanpa melalui jalur otomatis sinkronisasi. Karena facebook tidak akan menghapus foto tersebut. Ya, facebook hanya akan menghapus foto yang disinkronkan secara otomatis itupun kalau kita tidak mau install facebook moments.

Jika diperhatikan, hal ini benar-benar bernada paksaan. Mirip seperti ketika facebook mengeluarkan facebook messanger. Pengguna dipaksa untuk install aplikasi messanger, karena facebook menghapus fitur chatting di aplikasi utamanya. Namun rasanya pada waktu itu ancaman facebook tidak terlalu kuat karena dia tidak mengancam untuk menghapus log pesan jika tidak beralih ke Messanger.