Facebook Messenger ‘Paksa’ Pengguna Aplikasi SMS Untuk Pindah

Facebook Messenger (Flickr)
Facebook Messenger (Flickr)

Facebook baru saja memperbaharui aplikasi messenger-nya. Aplikasi perpesanan instan besutan facebook tersebut menawarkan fitur baru, diantaranya ialah intergrasi dengan SMS. Dengan menggunakan messenger untuk android versi terbaru, pengguna bisa memindahkan aplikasi SMS dari aplikasi bawaan android ke Facebook Messenger. Namun sayangnya, facebook “terkesan memaksa” penggunanya untuk menggunakan layanan SMS terintegrasi dengan Messenger.

Baca Juga: Yahoo Messenger Akan Dibunuh Agustus Mendatang

Hal terebut ditandai dengan pop up Facebook Messenger yang hanya menampilkan pesan “OK” saja serta tulisan setting berukuran kecil dibawahnya. Ya, Anda tidak bisa menemukan tombol “Tidak” di dalamnya. Itu merupakan pemaksaan dari Facebook agar penggunanya beralih menggunakan Facebook Messenger daripada aplikasi SMS bawaan. Dengan tidak adanya tombol “No”, sebetulnya bukan berarti kita tidak bisa menolak tawaran Facebook tersebut. Menolak masih bisa, namun sayangnya menu untuk mengembalikan SMS ke aplikasi bawaan berada ditumpulan menu-menu lainnya sehingga dirasa amat menyulitkan.

Baca Juga: Quick Quotes Menjadi Fitur Baru di Whatsapp Messenger

Beberapa orang menganggap bahwa ini bertentangan dengan peraturan yang telah di tetapkan oleh Google. Amir Efrati, seorang mantan jurnal Wall Street Journal mengatakan dalam twit-nya. “Prompt (Pop Up-Red) yang sangat agresif dari facebook untuk memasukan SMS ke messenger, tidak ada tombol “No”, Sebuah pelanggaran terhadap kebijakan Google Play?”.

Berdasarkan informasi yang kami kutip dari Engadget (21/6), aplikasi facebook tersebut semestinya melanggar peraturan Google Play. Bagian yang dilanggar adalah pada ketentuan “Kami Tidak Mengizinkan: Aplikasi yang mengubah setelan atau fitur perangkat dengan persetujuan pengguna tetapi melakukannya dengan cara yang tidak mudah dikembalikan.” Kebijakan tersebut bisa Anda lihat disini.

Bukan Hanya Facebook Messenger

Sebetulnya, bukan kali ini saja facebook melakukan pemaksaan kepada pengguna. Beberapa saat yang lalu, facebook juga kedapatan melakukan pemaksaan kepada pengguna untuk menginstall aplikasi Facebook Moments. Pada kasus tersebut, pengguna diancam akan dihapus foto yang disinkronkan secara otomatis ke server facebook jika dia tidak menginstall aplikasi facebook moment.

Baca : Demi Meningkatkan Jumlah Download Facebook Moments, Facebook Ancam Hapus Foto Penggunanya