Keren, facebook kini bisa mengerti update status fb kamu tentang apa

Gambar facebook deep text untuk mengenali update status fb (techcrunch)
facebook deep text untuk mengenali update status fb (techcrunch)

Facebook, sebuah perusahaan jejaring sosial nomor wahid di dunia, dikabarkan tengah mengembangkan kecerdasan buatan yang memungkinkan dia mengenali topik apa yang sedang dibicarakan di status fb kamu. Jadi, misal jika Kamu sedang update status ingin jalan-jalan, maka facebook bisa tahu bahwa kamu butuh Go-Jek. Selain itu, facebook juga akan membagikan status kamu ke orang-orang yang peduli tentang topik yang sedang kamu tuliskan di status. Misal, ketika kamu update status “Bagusan Laravel atau Codeigniter ya?”, maka dia akan terbaca oleh orang-orang yang memang tertarik di dunia pemrorgaman berbasis web. Keren bukan?

Baca Juga : Proyek Apa Yang Sedang Dikerjakan Microsoft dan Facebook?

Bagaimana Caranya Facebook Bisa Mengerti Status FB kamu?

Cara yang mereka lakukan adalah dengan mengembangkan kecerdasan buatan yang diberi nama DeepText. Dengan kecerdasaran buatan ini, mesin facebook bisa mengkategorikan status kamu. Misal, jika kamu psoting di sebuah group kemudian menuliskan “Jual Xiaomi Mi3”, maka mesin facebook akan merespon dengan mengatakan “Are You Selling Something?”. Jika dijawab ya, maka dia akan otomatis menambahkan harga pada postingan kamu.

Facebook mengatakan “Untuk lebih mengenal teks yang dituliskan oleh manusia, kita perlu untuk melatih komputer memahami bahasa gaul dan kata-kata disambigu”. Contoh kata disambigu yang dimaksdu adalah, “Saya Suka Blackberry” yang bisa berarti Blackberry sebagai buah, atau sebagai Gadget. Seperti yang prilude kutip dari techcrunch (2/6).

Bukan Hanya di Status FB, tapi di messenger juga

Pemanfaatan teknologi ini bukan hanya berlaku di Status atau postingan di group aja, melainkan berlaku juga di layanan chatting milik facebook. Ketika kamu chatting dengan teman facebook kamu kemudian mengatakan, “Hey, saya butuh mobil nih buat jalan”, facebook bisa merespon dengan kata-kata “Pesan Uber” yang disertai dengan link menuju ke halaman pemesanan taksi online lewat uber.

Baca Juga : Rata-rata Orang Menghabiskan 50 Menit Per-Hari Untuk Membuka Facebook dan Instagram

Pemenerapan DeepText di facebook akan pertama kali menyambangi Messenger. Aplikasi Messenger akan terintegrasi dengan layanan seperti Uber dan Lyft. Seperti yang diceritakan sebelumnya, bahwa ketika pengguna menulis “Saya Butuh Mobil”, maka facebook otomtasi akan merekomendasikan pemesanan layanan Uber.