Browser Opera Kini Memiliki Fitur Penghemat Baterai

Fitur Penghemat Baterai Pada Browser Opera (Opera Blog)

Efisiensi penggunaan bateri merupakan salah nilai jual utama bagi sebuah smartphone, laptop, maupun tablet. Dengan demikian, jika kita bisa menelurkan aplikasi yang hemat batre tentu menjadi keuntungan sendiri bagi perusahaan. Hal tersebut lah yang diharapkan dari opera dengan update terbarunya. Dengan klain bisa menghemat hingga 50% penggunaan baterai, Opera berharap bisa meningkatkan jumlah pengguna Browser Opera untuk laptop.

Opera tercatat memang sering melakukan inovasi yang radikal. Beberapa tahun lalu, perusahaan pembuat Browser ini memperkenalkan Browser Opera Mini dan Opera Turbo yang berguna untuk menghemat penggunaan kuota internet. Namun sepertinya Opera tidak ingin hanya berdiam diri pada pengurangan jumlah penggunaan Kuota Internet, dan sekarang mereka sedang mengembangkan Browser yang lebih ramah lingkungan.

Baca Juga : Asik, Sekarang Laptop Chromebook Bisa Install Aplikasi Andorid

Fitur penghemat baterai ini sejatinya bukan hanya kali ini diperkenalkan oleh Opera. Opera sudah memperkenalkan fitur penghembat baterai beberapa saat yang lalu. Cuman pada saat itu fitur browser tersebut masih dalam tahap beta. Yang artinya, Opera menganggap masih banyak bug yang ada didalamnya dan perlu beberapa peningkatan untuk Browser Opera-nya. Namun pada tanggal 8 Juni kemarin Opera dalam blognya mengatakan bahwa fitur penghembat baterai telah memasuki tahap final.

Hasil Perbandingan Browser Opera dengan Google Chrome

Pada Blog-nya, Opera sesumbah bahwa browser mereka jauh lebih hemat baterai daripada Google Chrome. Penghematan yang dapat Opera lakukan bisa mencapai 50 %. Opera menganggap, tanpa fitur penghemat daya pun Opera sedikit lebih hemat daripada chrome. Sedangkan jika fitur penghemat daya ditambah fitur ads blokir dijalankan, maka penghematan bisa dilakukan lebih optimal.

Perbandingan Browser Opera dan Google Chrome dalam Menghemat Baterai (Opera Blog)
Perbandingan Browser Opera dan Google Chrome dalam Menghemat Baterai (Opera Blog)

Namun sayangnya, fitur penghemat baterai ini hanya tersedia pada Browser di laptop dengan Sistem Operasi Windows dan Mac saja. Itu artinya kita bisa melakukan penghematan baterai hanya untuk laptop. Opera belum memastikan kapan fitur ini akan tersedia juga untuk perangkat smartphone maupun tablet.

Opera menyadari bahwa pengguna saat ini lebih banyak menghabiskan waktu di hadapan komputer dengan membuka browser. Sehingga jika bisa melakukan penghematan daya melalui aplikasi browser, maka kita bisa melakukan penghematan pada seluruh penggunaan laptop.

Tertarik untuk mencoba fitur baru tersebut? Silakan unduh software-nya disini.

Berita Terbaru

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *