Whatsapp di Blokir Lagi di Brazil

Whatsapp Alikasi Chatting Sejuta Umat
Whatsapp Alikasi Chatting Sejuta Umat

Layanan Whatsapp yang telah di pakai lebih dari 1 Milyar pengguna termasuk di Brazil, kini telah mengalami sebuah masalah. Yang menyebabkan Layanan  Aplikasi Chatting terbesar ini di harus di Blokir untuk sementara oleh Pemerintah Setempat.

Baca Juga :Di iOS 10, Siri Bisa Membalas Pesan dan Buka Voice Call Whatsapp

Penyebab dari pemblokiran tersebut adalah karena masalah Narkoba yang merebak di Negara Brazil. Permasalahannya di mulai saat Seorang Hakim dari Negara Bagian Sergipe bernama Marcel Montalvao meminta kepada pihak Whatsapp untuk memberikan catatan Chatting yang berhubungan dengan Kasus penyelidikan Narkoba. Yang tengah di tangani Marcel Montalvao. Tetapi pihak Whatsapp menolak memberikan catatan tersebut dengan alasan bahwa Pihak Whatsapp sendiri tidak bisa melihat percakapan tersebut dalam bentuk yang sudah ter-enkripsi, jadi pihak Whats App tidak bisa membantu apa-apa untuk kasus narkoba tersebut.

Whatsapp di Blokir Lagi

Beginilah curhatan CEO CEO dan co-founder Whats App Jan Koum di Akun Pribadinya melalui Facebook

“Jutaan masyarakat Brazil kini tidak bisa lagi mengakses WhatsApp karena Pengadilan ingin agar Kami menyerahkan informasi yang tidak Kami miliki. Kita meng-enkripsi pesan end-to-end pada Whats App untuk menjaga informasi Masyarakat tetap aman. Dan Kami juga tidak menyimpan riwayat obrolan dari Pengguna Kami. Ketika kalian mengirim pesan, tidak ada orang lain yang dapat membacanya, termasuk Kami. Kami di sini sedang berusaha agar Whats App bisa berjalan lagi sebagaimana mestinya, tanpa harus merubah aturan keamanan pengguna di seluruh dunia”

Baca Juga : Whatsapp Bisa Voice Mail & Forward Ke Banyak Pengguna

Hal tersebutlah yang membuat Hakim Marcel Montalvao murka. Dia memerintahkan kepada penyedia layanan komunikasi di Negara tersebut untuk segera memblokir Layanan Whats App di Brazil. Bila Penyedia layanan komunikasi tersebut melanggar, maka akan di kenakan denda yang sangat besar.

Jadi pemblokiran di Brazil dilakukan secara resmi Kemarin pukul 2 Siang waktu setempat, Pemblokiran di rencanakan akan terjadi selama 72 jam, atau tergantung kesepakatan damai antara kedua belah pihak. Karena ternyata  sebelumnya Brazil  juga pernah melakukan pemblokiran pada Desember Tahun lalu, yang di rencanakan akan berlangsung selama 48 jam, tetapi dalam 12 jam saja ternyata sudah bisa diakses kembali.

Baca Juga : Quick Quotes Menjadi Fitur Baru di Whatsapp Messenger

Pemblokiran Whatsapp tersebut nyatanya membuat warga Brazil merasa di rugikan, beginilan ungkapan kekesalan Mariana Cunha e Melo

“Di Brasil, orang miskin dan orang kaya, mereka semua berkomunikasi melalui WhatsApp. Orang-orang memiliki beberapa kelompok yang mereka gunakan untuk berkomunikasi dengan teman-teman mereka, mitra bisnis, dll. Jadi bermigrasi ke Telegram tidaklah mudah “