Tips Manajemen Waktu dengan Google Kalender

Google Kalender (Google Play)

Waktu merupakan salah satu hal yang sangat berharga dalam kehidupan Manusia. Sampai-sampai Allah SWT berfirman, “Demi Masa, Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian” ( Qs Al Ashr : 1-2 ). Selain itu Nabi Muhammad juga pernah bersabda, “Dua nikmat yang kebanyakan manusia tertipu darinya, yaitu kesehatan dan waktu luang.“. Pernyataan tentang pentingnya waktu tentu bukan untuk umat Islam saja, melainkan bagi seluruh penduduk bumi ini. Hal musabab menjadi pentingnya waktu adalah karena dia tidak bisa diulang. Secanggih apapun atau sekaya apapun kita, waktu tetap berjalan tanpa memandang apakah kita orang baik atau orang jahat.

Oleh karena itu, sangatlah jelas bahwa kita memang membutuhkan manajemen waktu yang lebih baik setiap harinya. Dalam sebuah buku berjudul Mau Jadi Pengusaha? Jangan Cengeng karya Akbar Kaelola, penulis menceritakan bagaimana semua orang sukses itu pasti mengatur waktu-nya dengan seefektif mungkin. Diceritakan bill gates hanya tidur selama 8 Jam dalam seminggu saat dia pertama kali membuat MSDOS. Selain itu, dalam waktu normal dan saat tidak ada project dadakan, Bill gates bekerja 16 Jam dalam satu hari. Lihatlah bagaiman Bill Gates bisa memanfaatkan waktu dengan amat baik. Dan hasil dari semua itu bisa kita saksikan saat ini, yaitu lahirnya Konglomerat paling kaya dimuka bumi.

Sekarang pertanyaannya adalah bagaimana agar kita, bisa mengatur waktu dengan sebaik mungkin setiap harinya. Baiklah, Prilude akan coba jelaskan bagaimana cara mengatur waktu dengan baik. Oh iya, kali ini prilude menganjurkan Anda untuk menggunakan Google Kalender dalam mengatur waktu.

1. Rencanakan harimu sejak dari bangun tidur

Buat daftar rencana kegiatan yang akan Anda lakukan sepanjang hari. Dan yang paling penting, niatkan dalam hati bahwa Anda akan menjalankan rencana tersebut dengan sebaik mungkin.

2. Tulis list tersebut di Google Kalender

Buka Aplikasi Google Kalender atau kalau Anda belum memilikinya, silakan Download di Play Store. Masukan list yang sudah anda buat tadi ke Google Kalender dan tentukan juga rentang waktunya dengan spesifik.

3. Lakukan Semua Kegiatan Sesuai Rencana

Pastikan Anda mengerjakan semua kegiatan sesuai yang telah dijadwalkan. Jangan abaikan notifikasi yang muncul dari Google Kalender. Jika waktunya sudah tiba maka segera lakukan apa yang direncakan.

4. Jangan Khianati Rencana

Untuk melatih kedisiplinan, Jangan sekali-kali untuk mengkhianati rencana yang sudah dibuat. Misalnya, jika telah dijadwalkan bahwa Anda harus sarapan pada jam 07.00 maka jangan sekali-kali menundanya hingga jam 08.00.

Ok, itulah tips yang bisa Prilude bagi agar kita bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin. Selamat Mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *