STAR, Robot Cerdas Untuk Operasi Bedah

Baru-Baru ini ada yang menarik perhatian Media Internasional di bidang kesehatan, yaitu ditemukannya STAR (Smart Tissue Autonomous Robot) yang konon Katanya bisa mengoperasi pasien sendiri. Tetapi ternyata STAR ini merupakan Assisten Dokter pada saat mengoperasi Pasien.

Robot STAR ini dirancang oleh Peter Kim dari Sheikh Zayed Institute dan telah di uji coba di Children’s National Medical Center Amerika.Robot STAR ini dirancang sebagai upaya untuk mengotomatisasi Operasi Jaringan Lunak, yang dahulunya membutuhkan keterampilan dan fleksibilitas para Ahli Bedah. Kini mereka ingin agar keterampilan para Ahli Bedah tersebut dipunyai oleh robot yang mereka ciptakan.

Peter Kim yang merupakan Kepala Peneliti dari Proyek robot STAR ini mengatakan bahwa:

“Saat melakukan operasi biasanya Para Ahli Bedah mengggunakan tiga hal berikut ini agar Operasi yang dilakukannya berjalan lancar: Yang pertama mereka menggunakan penglihatan, yang kedua mereka menggunakan tangan yang tangkas, yang terakhir Mereka menggunakan Otak dan Fikiran untuk kognisi dan pengambil keputusan. Tetapi dengan robot STAR ini, semua bisa dilakukan dengan lebih baik”.

Robot STAR ini memiliki Pengelihatan Komputer yang canggih yaitu menggunakan penanda fluorescent dan kamera 3D untuk mendapatkan tampilan rinci dari situs bedah. Kemudian Robot STAR ini bisa mengambil keputusan mengenai tekhnik bedah yang akan dilakukan. Tekhnik bedah tersebut sebelumnya telah di tanam dalam database, sehingga Robot ini bisa  melakukan tindakan  Operasi secara alami, sempurna, cepat dan efisien.

Walaupun kecanggihan robot Operasi STAR ini bisa menandingi Ahli Bedah Profesional, tetapi penggunaannya perlu diawasi oleh Para Ahli Bedah itu sendiri, untuk meminimalisir kesalahan. Karena Robot STAR ini diciptakan bukan untuk Operasi mandiri, tetapi untuk membantu Para Ahli bedah agar memudahkan pekerjaannya.

Robot yang sangat canggih dan membantu ini, rencananya akan di pasarkan secara masal, hanya waktunya belum di tentukan. Para ahli masih melakukan berbagai uji coba agar hasilnya nanti bisa semaksimal mungkin, Para Ahli Robot dan Medis tersebut berharap di masa depan Manusia dan Robot dapat bekerja secara harmoni.