Proyek Apa Yang Sedang Dikerjakan Microsoft dan Facebook?

Perusahaan Teknologi Microsoft
Perusahaan Teknologi Microsoft

Dua Perusahaan Raksasa di Bidang Teknologi Dunia, baru baru ini mengumumkan bahwa mereka akan membuat sebuah Proyek yang akan dimulai pada Agustus tahun ini dan berakhir pada Oktober 2017. Terus proyek apa yang sedang dikerjakan Microsoft dan Facebook? Sehingga memakan waktu lebih dari satu Tahun tersebut.

Ternyata Microsoft dan Facebook akan membuat Proyek bernama Marea. Proyek Marea tersebut merupakan proyek pembuatan kabel bawah laut terbesar yang akan membentang sepanjang Samudera Atlantik sampai Pantai Virginia dan Bilbao di Spayol. Menurut kabar, melalui Proyek Mirae ini Microsoft dan Facebook akan membuat kabel pengiriman data terbesar di Dunia karena memiliki kapasitas sampai 160Tbps.

Microsoft dan Facebook juga menggandeng anak perusahaan Telxius, yaitu Telefonica. Untuk membantu mereka membuat Mirae. Mirae ini ternyata bukan Proyek baru, karena Microsoft dan Facebook ternyata sudah membangun Infrastruktur untuk mengirimkan data bawah laut tersebut sebelumnya.

Dan Pada Tahun sebelumnya Microsoft dan Facebook juga telah menggarap proyek yang sejenis Mirae. Pada Tahun lalu Microsoft sempat membuat kabel bawah laut yang memanjang di Samudera Atlantik, sedangkan Facebook juga sempat berinvestasi untuk penanaman kabel di Samudera Fasifik.

Beberapa perusahaan Teknologi akhir-akhir ini memang sedang gencar berlomba-lomba untuk menanam kabel di bawah laut tak Terkecuali Google dan Amazone. Google yang biasanya hanya menawarkan Layanan dan Aplikasi kepada pelanggan-pun akhirnya tidak mau kalah dan mulai berinvestasi untuk penanaman kabel bawah laut, seperti yang dilaporkan oleh Data Center Knowledge.

Beberapa perusahaan Raksasa tersebut memang tengah mencoba untuk mencoba memberikan layanan yang lebih baik di tengah maraknya penggunaan Layanan Komputasi Cloud, dengan membangun kabel bawah laut. Berikut yang dikatakan Director of global network acquisition for Microsoft cloud infrastructure and operations Frank Rey kepada Venture Beat:

“Sebagaimana dunia yang terus bergerak maju ke masa depan dengan berbasis komputasi Cloud, Microsoft berkomitmen untuk membuat infrastruktur global yang mendukung koneksi lebih cepat untuk layanan Cloud kami”


Sumber Gambar : flickr