Microsoft Rugi 109 Miliar Rupiah Akibat Beli Nokia

Vendor Legendaris HP Nokia
Vendor Legendaris HP Nokia

Pembelian Nokia oleh Micosoft sepertinya akan diingat sebagai kesalahan terbesar yang pernah dilakukan oleh Microsoft. Bagaimana tidak, menurut pengakuanya, mereka telah kehilangan hingga $8juta (atau sekitar Rp 109 Miliar) akibat dari pembelian Nokia.

Percobaan membeli Nokia memang telah bermasalah sejak dari awal. Pembelian tersebut menuai banyak kritik dari berbagai pihak dan dikatakan sebagai langkah bisnis yang salah. Namun semua analisis tersebut belum terbukti pada saat itu dan baru terbukti belakangan ini.

Baca Juga : Nokia Akan Memberhentikan 15000 Karyawanya?

Di lansir dari situs The Verge (26/5), Microsoft telah kehilangan setidaknya 8 juta dollar akibat kesalahan percobaan pembelian Nokia. Angka tersebut termasuk biaya restrukturisasi dan pembayaran pesangon untuk ribuan karyawan.

Microsoft sendiri sejatinya telah mengangkat 25.000 karyawan Nokia untuk menjadi bagian dari Microsoft. Hal tersebut sesuai dengan perjanjian akuisisi senilai 7,2 juta dollar Amerika terhadap Nokia. Namun serangkaian PHK telah menggerogoti Anak perusahaan Microsoft di bidang pembuatan Ponsel tersebut.

Baca Juga : Akhirnya Microsoft Melepaskan Nokia Seharga $350 Juta

Pembelian Nokia memang menyimpan banyak resiko besar bagi perusahaan. Terutama mengingat, kurang populernya sistem operasi Windows Phone yang bisa berdampak pada pembelian yang tidak menghasilkan keuntungan. Namun pembelian produk tersebut telah disepakati oleh mantan CEO Microsot yaitu Steve Ballmer. Namun sayangnya, CEO baru Microsoft Satya Nandella terlihat tidak lagi tertarik untuk mengembangkan device. Dia mengatakan bahwa perusahaannya akan menghindarkan diri dari pembuatan perangkat dan juga layanan.