Google dan Levi’s Berkolaborasi Membuat Jaket Pintar

Masih belum Move On dari Google I/O, Kali ini Prilude akan membahas tentang Jacquard atau dalam kata lain “Jaket Pintar”, Jacquard ini di kembangkan oleh Google Advanced Technology and Projects (ATAP) dan menggaet perusahaan Fashion terkenal yang sudah tidak diragukan lagi ketenarannya, yaitu Levi’s.

Jacquard atau Jaket pintar ini diperuntukkan untuk pengendara sepedah atau motor. Dengan memakai Jaket ini, para pengendara Roda dua bisa tetap bisa menjawab Telepon yang masuk, mengontrol musik yang di putar, mengakses Navigasi, dan lain-lain. Semua cukup menekan atau menggesek lengan Jaket.

38.3

Ide awal dari pengembangan Jaket pintar ini adalah untuk menggabungkan Teknologi dan Fashion, jadi pengguna akan tetap terlihat Modis saat mengenakannya. Selain hal tersebut, Google juga menginginkan kemudahan dalam setiap kegiatan, termasuk saat mengendarai Motor atau sepedah. Karena Rata-rata orang yang mengendarai Motor merasa kesulitan saat ada panggilan Masuk atau memindahkan musik saat mengendarai motor. Nilai tambah dari Jacquard ini adalah bisa dicuci seperti Jaket pada umumnya.

Sebenarnya Proyek Jacquard ini telah di mulai Tahun lalu, tetapi saat itu Pihak Google ATAP dan Levi’s belum mengumumkan dalam proyek apakah mereka akan berkolaborasi. Baru pada event Google I/O 2016 kemarin, Google mengumumkan tentang Jaket Pintar ini.

38.4

Di dalam Jacquard ini di tanam sensor Multi Touch, yang di simpan di bagian Manset. Sehingga pengguna bisa dengan mudah mengesekan Manset tersebut untuk mengatur berbagai fungsi telepon. Selain mengontrol fungsi telepon asli seperti panggilan, Google Maps atau Google Play Music, Google mengatakan jaket pintar ini juga bisa mengoperasikan Aplikasi lain. Itu berarti Kamu dapat menggunakan sentuhan untuk mengontrol musik di Spotify, aplikasi kebugaran seperti Strava atau bahkan Aplikasi API.

Lalu bagaimanakah cara kerja jaket pintar ini? Salah satu contohnya adalah saat Kamu akan menambah atau mengurangi Volume, Kamu cukup menggesekan Manset Jaket pintar ini ke atas atau ke bawah. Sedangkan fitur Map dapat di buka dengan menggesekan Manset Jaket, dan nantinya Voice Assisten akan memandu Kamu dan memberikan perkiraan waktu tiba di tujuan.

Ternyata untuk bisa menggunakan Jaket ini, Kamu tidak perlu menunggu terlalu lama. Karena Google merencanakan peluncuran Jaket ini pada Musim semi 2017. Dan saat ini masih dalam tahap pengujian sampai musim gugur.


Sumber Gambar : Techcrunch