Benarkah Nokia Dijual Ke Foxconn?

Vendor Legendaris HP Nokia
Vendor Legendaris HP Nokia

Lisensi Device dan Service Nokia yang baru saja menjadi milik Microsoft Tahun 2014 yang lalu, Kini dikabarkan akan di jual kepada perusahaan Manufaktur Foxconn. Padahal Microsoft masih memiliki Lisensi Nokia sampai tahun 2024 mendatang, dan Nokia nyatanya masih terjual 15 Juta Feature Phone selama kuartal pertama 2016 ini, hal tersebut pasti menyumbang penghasilan yang tidak sedikit untuk Microsoft.

Desas desus akan di jualnya Nokia kepada Foxconn juga  diikuti oleh gosip lainnya yaiu Gosip bahwa Microsoft akan menutup divisi feature phone yang menyisakan divisi mobile (yang  menghasilkan smart Phone Lumia), dan 50% karyawan akan menjadi korban akibat divisi feature Phone tersebut ditutup. Padahal saat Nokia di jual ke Microsoft, karyawannya sudah terpangkas sebanyak 18.000 orang.

Gosip panas tersebut beredar karena nyatanya Microsoft lebih banyak menghasilkan uang dari hasil Hak Paten OS Android, daripada dari penjualan Windows Phone Nokia. Memang hal tersebut masuk akal, karena pamor Android yang  memang sedang naik daun di seluruh dunia.

Namun banyak yang berharap bahwa Microsoft masih memegang Lisensi Device dan Service dari Nokia. Karena adanya talet Survace Pro berbasis Windows Phone yang laku di pasaran. Banyak yang berharap adanya Tablet tersebut akan melunakan Microsoft untuk tidak menjual Lisensi Nokia-nya kepada Foxconn, dan Microsoft masih menghasilkan Handphone-handphone lain yang lebih baik dengan Nokia.