Aplikasi Pemesanan Taxi Blue Bird Telah Diperbaharui, Begini Cara Menggunakannya

Suasana Saat Launching Aplikasi Baru My Blue Bird (instagram)
Suasana Saat Launching Aplikasi Baru My Blue Bird (instagram)

Beberapa waktu yang lalu, media di Indonesia sibuk mengabarkan tentang demo supir Taksi ke Dinas Perhubungan. Demo tersebut terkait dengan beroperasinya Taksi Online yang menurut mereka adalah ilegal. Berbagai tanggapan masyarakat muncul saat demo tersebut berlangsung. Ada di antaranya yang mempertanyakan “Kenapa perusahaan taksi gak bikin aplikasi online aja?”.

Pertanyaan tentang kenapa Taksi Konvensional tidak buat reservasi Taxi Online sebetulnya sudah dijawab dan dibantah oleh Blue Bird tepat pada saat demo berlangsung. Pihak Blue Bird mengatakan bahwa mereka sudah memiliki aplikasi pemesanan secara online. Namun fakta dilapangan aplikasi miliknya Blue Bird tidak bisa diandalkan. Banyak orang yang mengeluh tentang cara penggunaannya yang terlalu ribet, tidak ada estimasi biaya, posisi yang tidak akurat, dan serangkain keluhan lainnya.

Melihat keluhan konsumen terhadap aplikasinya, membuat Blue Bird tidak bisa berdiam diri. Serangkaian peningkatan kualitas aplikasi dia lakukan. Masukan-masukan dari pengguna terus ditampung, termasuk proses pemesanan dibuat lebih sederhana dan mudah dimengerti. Hasil akhir dari perombakan tersebut adalah terciptanya aplikasi Baru Blue Bird yang diberi nama My Blue Bird.

My Blue Bird versi baru telah diluncurkan oleh Blue Bird pada hari kamis (19/5) lalu. Dikutip dari akun instagram milik Blue Bird Group (@bluebirdgroup), Blue Bird mengatakan “19 Mei 2016 adalah salah satu hari bersejarah bagi Blue Bird. Hari ini, aplikasi My Blue Bird versi terbaru diluncurkan.” Mereka menjelaskan, berbagai fitur baru telah disiapkan untuk memudahkan pengguna. Adapun aplikasi terbaru tersebut sudah bisa didownload di Google Play Store, dan Apple Apps Store.

Prilude sendiri telah mencoba aplikasi terbaru dari Blue Bird tersebut. Sekilas, aplikasi ini memang jauh lebih baik daripada aplikasi Blue Bird sebelumnya. Tampilan yang sudah menggunakan Material Design terlihat jelas pada bagian Splash Screen dari Aplikasi. Hal tersebut menandakan memang benar bahwa Blue Bird melakukan perombakan besar-besaran di Aplikasinya.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan saat pertama kali menjalankan Aplikasi Blue Bird.

1. Tampilan Splash Screen

Splash Screen Blue Bird

2. Sign In atau Register

Jika Anda sudah memiliki akun My Blue Bird sebelumnya, maka Anda bisa langsung login. Namun jika belum punya, silakan klik Register tersebut dahulu.

Register atau Sign In My Blue Bird

3. Register

Tahapan untuk registrasi ternyata sangatlah mudah. Anda hanya perlu memasukan nama, alamat email, no telepon dan password. Setelah menekan tombol register, selanjutnya akan ada sms notifikasi yang berisi verification code. Verification code tersebut harus diinputkan pada halaman selanjutnya.

Halaman Registrasi My Blue Bird

4. Metode Pembayaran eVoucher

Hal yang baru adalah, Anda bisa membayar tagihan taksi dengan eVoucher. Namun sayangnya, pada saat tulisan ini dibuat, eVoucher hanya tersedia untuk area Jakarta saja.

eVoucher My Blue Bird

5. Mudah Menemukan Taksi Terdekat

Saat Prilude mencoba untuk memesan, ternyata aplikasi bisa menampilkan Lokasi dari Taksi terdekat. Bisa dilihat pada gambar berikut. Selain itu hal yang menarik adalah, di Aplikasi Baru Blue Bird ini kita bisa memilih jenis Taksi yang mau dinaiki apakah Mobil jenis sedan, Mobil jenis MVP, atau bahkan Taksi Silver Bird.Taksi Terdekat muncul di My Blue Bird

6. Estimasi Harga

Estimasi Harga merupakan salah satu fitur terbaru dari Aplikasi ini. Sistem bisa memberikan estimasi harga dari satu kali perjalanan. Selain itu, sistem juga bisa memberikan direction sehingga supir Taksi tidak akan bisa muter-muter seenaknya.

Estimasi Harga My Blue Bird

Bagaimana, Tertarik untuk mencoba Aplikasi baru dari Blue Bird ini? atau mungkin Anda sudah pernah mencobanya? Ayo jangan ragu untuk share pengalaman Anda melalui kotak komentar.