Akhirnya Microsoft Melepaskan Nokia Seharga $350 Juta

Vendor Legendaris HP Nokia
Vendor Legendaris HP Nokia

Kemarin-kemarin, Kita sempat bertanya-tanya apakah memang benar Microsoft akan menjual Nokia kepada Foxconn? Kamu bisa membacanya dalam artikel ”Benarkah Nokia Dijual Ke Foxconn” tertanggal 15 Mei Kemarin. Ternyata hari ini, Microsoft mengumumkan bahwa hal tersebut adalah benar, Nokia akhirnya di jual kepada Foxconn seharga 350 Juta Dolar atau kalau di rupiahkan seharga 4,6 Triliun.

Kenapa Microsoft akhirnya melepaskan Merek Handphone Legendaris tersebut dengan harga yang jatuh, padahal Microsoft memelinya dengan harga 7,8 Miliar Dollar Amerika. Penyebabnya tak lain adalah karena memang Nokia gagal untuk merebut perhatian Pasar Handphone yang saat ini sedang dikuasai oleh Android dalam hal volume penjualan dan iOS dalam hal ke-premiuman.  Penjualan Nokia sangat rendah pada Bulan Januari Tahun ini, hingga menyusut sebesar 49%.

Fitur dan Asset Nokia di jual kepada FIH Mobile, Anak Perusahaan dari Foxconn Technology Group. Sedangkan untuk lisensi Global, merek Nokia di pegang oleh HMD Global Perusahaan yang baru di bentuk asal Finlandia. HMD Global akan menjadi pemegang lisensi Tunggal Merek Nokia, Perpindahan lisensi kepada HMD  membuat angin segar bagi Nokia itu sendiri. Karena HMD Global merencanakan akan membangun Nokia Generasi baru dengan handset high end dan tablet.

Mengomentari kembalinya merek Nokia ke pasar ponsel, Ramzi Haidamus presiden Nokia Technologies  menyebutnya  sebagai sebuah “babak baru”. Beliau menambahkan dalam sebuah pernyataan:

 “HMD berencana memproduksi ponsel dan tablet yang dapat memanfaatkan dan meningkatkan nilai merek Nokia di pasar global. Bekerja dengan HMD dan FIH, akan membiarkan kita berpartisipasi dalam salah satu pasar elektronik konsumen terbesar di dunia. Dan baiknya Kita tetap menggunakan model bisnis lisensi. “

Lalu Bagaimanakah Nasib Karyawan dari Nokia ini? ternyata Microsoft telah mentransfer sebanyak 4500 karyawannya untuk bekerja di HMD Global atau FIH Mobile.

HMD Global mempunyai lisensi Ekslusif dari merek Nokia, untuk seluruh Dunia kecuali untuk Jepang. HMD mempunyai hak untuk menjual produk Handphone dan Tablet bermerek Nokia untuk 10 Tahun kedepan, dan Nokia akan menerima royalti dari HMD.

Tak tanggung-tanggung Pihak HMD Global telah berinvestasi sebesar 500 Juta Dolar, untuk mengembangkan Proyek Nokia ini. HMD juga mempertimbangkan akan menggunakan platfom Android untuk Handphone dan Tablet Nokia Kedepannya