9 Hal Sederhana Untuk Memperingati Hari Bumi

Bumi

Hari ini tepat tanggal 22 April 2016, tidak kurang dari 175 negara di dunia memperingati hari bumi. Hari bumi sendiri merupakan agenda tahunan yang diciptakan untuk meningkatkan kesadaran warga di planet ini tentang isu-isu lingkungan. Orang pertama yang mencanangkan hari bumi adalah senator Amerika Serikat yang bernama Gaylord Nelson (wikipedia). Pada tahun 1970 seorang senator sekaligus pengajar lingkungan itu memprakarsai adanya hari bumi guna meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet tempat tinggal manusia ini.

Lantas apa yang sebaiknya kita lakukan di hari bumi?

Dikutip dari laman yourguidetogreen, berikut ini adalah hal-hal kecil yang sebaiknya Anda lakukan dalam menjaga bumi yang kita tinggali ini.

1. Ganti Lampu Anda

Lampu lama yang Anda miliki itu bisa menghabiskan daya lebih besar dari lampu-lampu yang beredar dipasaran saat ini. Cobalah untuk beralih ke lampu hemat energi. Menurut situs nationalgeopraphic, lampu hemat energi yang beredar di pasaran saat ini terdiri dari tiga jenis yaitu lampu Energy Saving Incandescent, compact fluorescent lamp (CFL) dan light emitting diode (LED). Dari masing-masing jenis lampu tersebut, lampu LED bisa menghemat penggunaan listrik paling besar yaitu hingga 75%-80%.

2. Tanam Minimal  Tiga Pohon

Pohon mampu menyerap Karbon Dioksida (CO2) di udara serta bisa membantu menanggulangi pemanasan global. Cobalah untuk menaman minimal tiga pohon di hari bumi sedunia. Tentu saja, jika Anda bisa menaman lebih dari tiga pohon lebih bagus bukan? Namun setidak-tidaknya tanamlah tiga pohon di hari bumi ini.

3. Batasi Berlangganan Surat Tidak Penting

Batasi untuk berlanggan surat-surat tidak penting. Daripada berlangganan katalog belanja melalui surat, atau belangganan majalah keanggotaan bukankah sebaiknya kita menggunakan Newsletter di email saja? Hal tersebut akan jauh menghemat penggunaan kertas. Sebagaimana Anda ketahui, penggunaan kertas secara berlebihan sangatlah tidak baik bagi bumi kita.

4. Ayo Piknik

Yuk Piknik, tapi pikniknya jangan ke Mall terus ya. Coba sekali-kali ke alam, misalnya ke daerah puncak. Dan jangan lupa, sambil jalan-jalan ke puncak sempatkan juga untuk membeli sayuran hasil tanam petani setempat. Hal sederhana tersebut akan semakin menggerakan ekomoni petani dan hasilnya tentu petani akan semakin rajin menaman.

5. Matikan Lampu, dan Cabut Charger Handphone

Saat tidak digunakan matikan lampu Anda segera. Hemat energi bukan hanya bisa membuat tagihan listrik Anda menurun melainkan  bisa membantu lingkungan juga. Jadi ketika Anda tidur, coba matikan beberapa lampu yang sekiranya tidak digunakan. Oh iya, jangan lupa juga untuk mencabut Charger Handphone atau Charger-Charger lainnya yang masih nempel di colokan. Hal tersebut penting karena meskipun tidak digunakan charger-charger tersebut tetap memakan penggunaan listrik Anda.

6. Jangan Buang Sampah Sembarangan

Hal sederahana yang masih susah dilakukan di negeri ini adalah tidak membuang sampang bukan pada tempatnya. Tak jarang kita melihat orang ada yang membuang sampah dari mobil langsung ke jalan, atau tak jarang juga kita melihat ada orang yang buang sampang ke sungai. Ini merupakan kebiasaan yang harus segera di hapuskan.

7. Berkendara dengan Eco Driving

Beberapa mobil keluaran terbaru sudah di lengkapi dengan eco indicator. Pada saat Anda mengendarai mobil, pastikan Eco Indicator dalam keadaan nyala. Hal tersebut bisa membuat penggunaan BBM Anda menjadi lebih hemat. Ketika BBM bisa dihemat bukan hanya kantong Anda yang terselamatkan, tapi juga bumi kita.

8. Bawa Botol Minum Sendiri

Ambil air dari rumah dan simpan di dalam botol minuman. Dengan membawa botol air minum maka Anda akan terhindar dari membeli air mineral diluar. Coba bayangkan, jika semua orang membawa botol minumannya sendiri maka kita akan menghemat penggunaan plastik bekas botol minuman.

9. Recycle di Tempat Kerja

Ini penting. Terkadang kita suka disiplin di rumah, namun tidak disiplin di tempat kerja. Dirumah, kita rajin memanfaatkan barang-barang bekas, sedangkan ditempat kerja kita seenaknya membuang ATK yang tidak digunakan. Coba mulai dari sekarang, meskipun di tempat kerja tetap lakukan recycle. Contoh sederhannya adalah, ketika ada kertas-kertas hasil print yang gagal atau tidak terpakai jangan buru-buru dibuang, kumpulkan semua itu dan jadikan sebagai buku catatan rapat.


Sumber Gambar : Wikipedia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *